SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI BATU BALANG, KEC. HARAU, KAB. LIMA PULUH KOTA, SUMATERA BARAT | HADIRKAN INFORMASI NAGARI UNTUK MASYARAKAT  

SEJARAH NAGARI BATU BALANG

Humas Nagari Batu Balang | 15 Januari 2024 15:08:35 | 238 Kali

Dalam satu kesatuan masyarakat Hukum Adat Minangkabau, Nagari Batu Balang termasuk ke dalam Kelarasan Taram, yang terdiri dari tiga Nagari yaitu Nagari Taram, Bukit Limbuku dan Batu Balang. Tidak ada catatan yang pasti, kapan Nagari ini mulai didiami oleh masyarakat anak Nagari, yang dimulai dari manaruko/mengolah Taratak kemudian menjadi Dusun, selanjutnya menjadi Koto dan terakhir menjadi komunitas Nagari Batu Balang. Namun demikian ada satu monumen sejarah yang berdiri kokoh di Nagari Batu Balang yaitu Balai Adat Nagari. Menurut catatan, Balai Adat ini didirikan sekitar tahun 1826, di mana sebagian tokoh adat menamakan Balai Adat ini dengan sebutan “Balai Polam”. Sebutan Balai Polam (Mangga), konon tonggak Balai itu adalah dari pohon mangga/polam.

                Menurut cerita turun temurun konon nama Batu Balang diambil dari Batu Berulang. Nama tersebut diambil dari temuan seorang “niniak” dari suku Melayu Gunung Hijau di kampuang Dt. Rajo Malano. Pada suatu hari ia menemukan sebuah batu di Lubuk Sikaladi di dalam kolam ikan yang kering waktu itu. Batu itu dibawa ke atas rumah, kemudian dimanfaatkan untuk batu penggiling cabe (anak lado). Keesokannya batu tersebut hilang, kemudian niniak tersebut kembali mencari ke dalam “tabek kariang” tersebut dan anehnya batu tersebut ditemukan kembali dalam kolam itu, begitu seterusnya, sehingga batu tersebut seolah-olah berulang dari tabek ke rumah. Kejadian itu berulang-ulang, karena kejadiannya baulang, maka disebut Batu Baulang.

                Mengetahui ada batu baulang, maka masyarakat sekitar melihat kejadian tersebut aneh. Masyarakat semakin banyak menyebutnya Batu Baulang. Kalau disebut Batu Baulang dengan cepat, maka seolah-olah namanya bukan Batu Baulang, tetapi yang terdengar adalah Batu Balang. Karena itulah nama Batu Balang akhirnya melekat pada Nagari ini. Hingga sekarang namanya adalah Nagari Batu Balang.

Nagari Batubalang merupakan salah satu dari 11 Nagari yang ada dalam Kecamatan Harau, dengan pusat atau Ibu Nagari di Jorong Balai, posisi Nagari Batubalang terletak antara 036. 08 0   LU dan 100°  39.03°   LS. Dengan jumlah curah hujan rata-rata 3039,2 mm, suhu 20°C – 31°C.  Topografi Nagari Batubalang adalah datar dan berbukit dengan ketinggian dari permukaan laut 503 dpl sampai dengan 685 dpl.  Letak Nagari Batubalang berada 3 Km dari Tanjung Pati Ibu Kota Kecamatan, 6 Km dari Kota Sarilamak  Ibu kota Kabupaten, 130 Km dari Padang Ibu Kota Propinsi Sumatera Barat. Dengan Batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah utara berbatas dengan       :  Nagari Sarilamak

Sebelah Selatan Berbatas dengan   :  Nagari Bukit Limbuku dan Kodya Payakumbuh

Sebelah Timur Berbatas dengan      :  Nagari Bukit Limbuku dan Pilubang

Sebelah Barat berbatas dengan       :  Nagari Koto Tuo

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Harau
Nagari : Batu Balang
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 83355
Telepon :
Email : nagaribatubalang@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung