SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI BATU BALANG, KEC. HARAU, KAB. LIMA PULUH KOTA, SUMATERA BARAT | HADIRKAN INFORMASI NAGARI UNTUK MASYARAKAT  

UNTUK MENINGKAT PENGELOLAN BUMNAG BAMUS BERSAMA PEMERINTAH NAGARI MELAKUKAN STUDY TIRU KE DESA APAR

Humas Nagari Batu Balang | 29 Desember 2023 14:41:46 | Berita Desa | 201 Kali

Pemerintah Nagari Batu Balang Melalui Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari Batu Balang Melaksanakan Program Studi Tiru untuk meningkatkan Pengelolaan BUMDES/BUMNAG. Lokasi yang menjadi tujuan merupakan desa yang memang sudah mendapatkan prestasi dari tingkat nasional, Provinsi dan banyak. Desa Wisata Apar merupakan desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat yang memiliki konsep pariwisata berupa alam budaya dan kearifan lokal.

Desa Apar menyuguhkan berbagai macam potensi aktivitas wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, seperti aktivitas wisata pantai yang sangat indah dan bersih, trekking di hutan mangrove, budidaya penyu, hingga Sekolah Tinggi Ilmu Baruak (STIB).

  1. Pariaman Mangrove Park merupakan lokasi wisata yang siap memanjakan wisatawan dengan luas sekitar 11 Ha ditambah fasilitas penunjang aktivitas untuk menikmati pesona hutan mangrove, seperti trekking, gazebo, spot foto, sampai menara pandang yang digunakan untuk menyaksikan hewan-hewan yang ada di dalam hutan mangrove. Wisatawan juga bisa berkeliling hutan ini menggunakan perahu kano.
  2. Bagi penikmat wisata alam rasanya agak kurang jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini, Pusat Konservasi Penyu di Desa Wisata Apar merupakan lokasi dimana wisatawan dapat meliat penyu-penyu dipelihara dalam sebuah penangkaran. Wisatawan sendiri dapat menikmati fasilitas di lokasi ini berupa melihat ruang inkubasi peneluran penyu, hatchery, sampai ke ruang karantina. Pengelola wisata di sini menyediakan ruang informasi bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai penyu-penyu yang ada di lokasi ini. Pusat Konservasi Penyu hanya butuh waktu sekitar 10 menit dari pusat kota Pariaman.
  3. Aktivitas terakhir yang sangat unik dan wajib dikunjungi wisatawan adalah Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB), di lokasi ini wisatawan dapat melihat beruk-beruk liar ini akan di latih agar dapat menjadi pemetik kelapa. Selain melihat beruk-beruk tersebut di latih, wisatawan juga dapat melihat atraksi beruk memetik buah kelapa tua dan muda langsung dari pohonnya atas instruksi dari pelatih beruk. Di sini wisatawan juga mendapatkan kesempatan untuk bisa memberikan intruksi kepada beruk-beruk tersebut.

Kegiatan yang diatas kelola oleh Bumdes Desa Apar hal ini yang membuat Bamus Nagari Batu Balang memilih program study tiru ke desa apar.

Sesampai disana Tim Study Tiru yang terdiri dari Wali Nagari dan Perangkat Nagari, Bamus Nagari Kepala Lembaga Nagari di sambut langsung oleh Kepala Desa Apar Bapak Hendrick serta Perangkat Desanya. Dalam sambutan Kades menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintahan Nagari batu balang telah memilih desa apar sebagai tempat study tiru. Serta beliau mengenalkan sejarah desa apar. Setelah selesai diskusi mengenai tentang pengelolaan bumdes yang begitu cepat melaju sampai dalam waktu satu tahun meraih Juara 3 ADWI 2021.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Harau
Nagari : Batu Balang
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 83355
Telepon :
Email : nagaribatubalang@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung