SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI BATU BALANG, KEC. HARAU, KAB. LIMA PULUH KOTA, SUMATERA BARAT | HADIRKAN INFORMASI NAGARI UNTUK MASYARAKAT  

PEMBENTUKAN PANITIA HUT RI KE 78 TAHUN 2023

Humas Nagari Batu Balang | 04 Agustus 2023 11:02:53 | Berita Desa | 649 Kali

Batu Balang, Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 (HUT RI) dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus. Perayaan ini merupakan momen penting untuk menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Dalam rangka menyelenggarakan peringatan HUT RI yang meriah dan berkesan, Nagari Batu Balang mengadakan rapat pembentukan panitia HUT RI ke-78 yang dibuka langsung sendiri oleh Wali Nagari Batu Balang Bapak Dasril Syofiadi didampingi oleh Sekretaris Nagari yang menjadi langkah awal yang penting.

 Dalam rapat ini akan membahas mengenai pembentukan panitia HUT RI dan peran pentingnya dalam menyelenggarakan perayaan yang sukses. Dalam sambutan Wali Nagari Batu Balang Bapak Dasril Syofiadi mengatakan antara lain:

  1. Tujuan Pembentukan Panitia HUT RI Pembentukan panitia HUT RI bertujuan untuk mengoordinasikan dan menyelenggarakan berbagai kegiatan perayaan HUT RI dengan tujuan sebagai berikut:
    1. Menghormati perjuangan para pahlawan:
    2. Panitia bertugas untuk menyelenggarakan acara yang menghargai dan mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Meningkatkan rasa cinta tanah air:
    3. Melalui kegiatan peringatan HUT RI, panitia bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air di kalangan masyarakat. Mengedukasi masyarakat:
    4. Panitia dapat menyusun rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang sejarah, nilai-nilai, dan makna kemerdekaan Indonesia. Meningkatkan kerjasama dan solidaritas:
    5. Melalui pembentukan panitia HUT RI, berbagai elemen masyarakat dapat berkolaborasi dan bekerja sama untuk menciptakan perayaan yang sukses dan bermakna.
  1. Tahapan Pembentukan Panitia HUT RI Pembentukan panitia HUT RI melibatkan beberapa tahapan sebagai berikut:       
    1. Penentuan struktur panitia:
    2. Menentukan struktur organisasi panitia yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, Wakil Sekretaris, bendahara, Koordinator bidang dan anggota-anggota panitia.
    3. Mengadakan Musyawarah untuk memilih anggota-anggota panitia yang memiliki kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab panitia.
    4. Penugasan tugas dan tanggung jawab:
    5. Setelah anggota panitia terpilih, tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota harus ditentukan dengan jelas untuk memastikan semua aspek kegiatan tercakup dengan baik.
    6. Penyusunan rencana kerja. Panitia perlu menyusun rencana kerja yang mencakup jadwal kegiatan, anggaran, dan sumber daya yang dibutuhkan.
    7. Pelaksanaan kegiatan. Panitia bertanggung jawab untuk mengatur dan melaksanakan berbagai kegiatan peringatan HUT RI, seperti upacara bendera, perlombaan, pertunjukan seni, dan kegiatan lainnya sesuai dengan rencana yang telah disusun.
    8. Evaluasi dan pelaporan. Setelah peringatan HUT RI selesaidilaksanakan, panitia perlu melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan serta mengumpulkan laporan dari masing-masing anggota panitia. Evaluasi ini berguna untuk mengevaluasi keberhasilan perayaan dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dalam organisasi panitia untuk perbaikan di masa mendatang.

        3. Peran dan Tanggung Jawab Panitia HUT RI Setiap anggota panitia HUT RI memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing. Beberapa peran dan tanggung jawab yang umumnya ada dalam panitia HUT RI antara lain:

  1. Ketua Panitia Bertanggung jawab atas pengelolaan keseluruhan panitia, koordinasi kegiatan, serta memimpin rapat dan pertemuan panitia.
  2. Wakil Ketua Panitia. Mendukung ketua dalam tugas-tugasnya dan dapat menggantikan ketua jika diperlukan.
  3. Sekretaris. Bertanggung jawab untuk mengelola dokumentasi panitia, membuat agenda rapat, dan mendokumentasikan hasil rapat.
  4. Bendahara. Bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan panitia, termasuk pemasukan dan pengeluaran dana serta penyusunan laporan keuangan.
  5. Anggota Panitia. Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas yang diberikan, seperti mengatur dan menyelenggarakan kegiatan, menghubungi pihak terkait, dan mendukung kelancaran perayaan HUT RI.

 

Pembentukan panitia HUT RI merupakan langkah awal yang penting dalam menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang sukses. Melalui panitia, berbagai kegiatan perayaan dapat direncanakan, diorganisir, dan dilaksanakan dengan baik. Peran dan tanggung jawab yang jelas dari setiap anggota panitia juga menjadi faktor kunci dalam keberhasilan peringatan HUT RI. Dengan kerjasama yang baik dan semangat yang tinggi, panitia HUT RI dapat menciptakan perayaan yang berkesan dan membangkitkan semangat nasionalisme di tengah masyarakat. Susunan Pengurus dan Rencana Pendapatan untuk kegiatan Peringatan HUT RI ke-78 adalah sebagai berikut:

Pembina               : Wali Nagari Batu Balang

Ketua                    : Diata Muliadi, A.Md Dt. Nankodo Nan Gomuak

Wakil Ketua          : Hendra Piliang

Sekretaris             : Annisa Ibrahim, A.Md

Wk. Sekretaris      : Khairunas Arfin, S.H

Bendahara            : Septia Rani Asril, A.Md

Koord. Upacara    : Bhabinkamtibmas ( Carlos Vydo)

Koord. Pawai        : Donrizal

Koord. Kesenian   : Zambasri Dt. Simulie Nan Panjang

Koord. Perleng      : Yondrizal 

Koord. Sound Sis  : Ira Wedi

Koord. Kom           :  Amalia

Koord.  Dana         :  E. Dt Rajo Pangulu Nan Gomuak Dan R. Dt  Nankodo Nan Itam

Koord. Lomba       : Toni Sanjaya Putra

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Harau
Nagari : Batu Balang
Kecamatan : Harau
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 83355
Telepon :
Email : nagaribatubalang@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung